Senin, 29 Oktober 2012

Idul Adha Kali Ini

Idul adha ini nggak semeriah seperti yang saya ekspektasikan, tahun-tahun lalu juga sih, tapi itu biasanya karena penentuan tanggal hijriahnya nggak sama antara pemerintah, kementerian agama lah khususnya, dengan Muhammadiyah, organisasi agama yang diikuti keluarga saya selama ini. Tahun ini nggak tau kenapa, tapi rasanya idul adha nya sunyi. Halaman mesjid sebelah rumah yang harusnya ramai malah cuma terisi separuhnya, plus cuaca yang mendung sejak subuh pagi, jadi aura lebarannya tuh nggak semangat.

Bicara idul adha, seharusnya kita memaknai benar maknanya, adha berarti menyembelih, atau telah menyembelih. Apa yang disembelih? Hewan ternak. Kurban lebih pamor nya di kalangan kita. Sejarah penyembelihan hewan ternak ini dimulai sejak zaman nabi Ibrahim as yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail as yang kemudian dengan kuasa-Nya nabi Ismail digantikan menjadi seekor domba.

Kenapa kita sebut kurban? Karena yang disembelih adalah hewan ternak, sebagian dari harta yang kita cintai, kata khatib sholat kemarin sih. Allah tau bahwa manusia sangat mencintai dunia dan harta yang dimilikinya, makanya kewajibannya disebut kurban. Sama seperti kita mencintai seseorang, lalu kita harus merelakan orang tersebut, namanya kita mengurbankan kan, kurban perasaan, hahaha.

Di mesjid sebelah rumah, hewan kurbannya 6 ekor sapi sama 4 ekor kambing. Diliat dari jumlahnya sih lumayan ya, tapi kalau diliat dari perbandingannya dengan jumlah jamaah yang ada itu dikit banget. Masih banyak yang belum mampu mungkin ya, atau pada kurban di tempat lain. Padahal ya (kata Pak Khatib lagi) menyisihkan harta untuk berkurban itu nggak bakal buat kita miskin, malah pahalanya banyak banget, sebanyak bulu di hewan yang dikurbankan, itung noh sana berapa banyak bulunya kalo bisa.

kemeriahan idul adha kali ini bertambah pas belum selesai nyembelih semua kurban tapi ujan udah turun deras, jadi kucar-kacir petugasnya, Alhamdulillah kurban yang kelompok saya udah disembelih, jadi saya bisa lari kerumah, lalu tidur, hehe.


"Dan dirikanlah sholat, dan berkurbanlah. (al Kautsar ayat 2)"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar